Rabu, 06 Maret 2013

Tentang Google AdWords


·      Pengertian Google AdWords
Google AdWords adalah produk iklan yang dikeluarkan oleh search engine dan direktori Google. Google AdWords memiliki arti advertising atau iklan dalam bentuk teks yang ditampilkan pada mesin pencari Google saat terjadi searching atau pencarian dengan kata kunci tertentu. Iklan ini akan ditampilkan di bagian kanan hasil pencarian. Google AdWords akan ditampilkan di bagian kanan pada halaman pertama. Tampilnya iklan tersebut pada halaman pertama akan memberi peluang yang besar untuk mendapatkan pelanggan baru bagi situs tersebut.
Google AdWords mempunyai dua cara beriklan, yaitu:
1.    Sistem PPM atau Pay Per Million Impressions, dimana para pengiklan membayar produk yang diiklankan melalui Google berdasarkan jumlah per seribu impressions atau tayang nya iklan tersebut.
2.    Sistem PPC atau Pay Per Click, dimana para pengiklan membayar iklan berdasarkan jumlah klik yang didapt dari iklan tersebut. Jadi apabila iklan tersebut tampil di mesin pencarian Google namun tidak ada yang melakukan klik, maka pengiklan tidak akan membayar biaya tayang iklannya.

·      Tujuan promosi lewat Google Adwords
Tujuan pemasangan iklan promosi lewat Google AdWords adalah untuk mencari pelanggan baru yang sedang melakukan browsing atau mencari produk di Google. Hal ini mengingat google.com merupakan mesin pencari dengan database terbesar.

·      Keunggulan Google AdWords
Beberapa keunggulan iklan di Google AdWords, antara lain :
a)    Pemilik website dapat membuat iklan sendiri, memilih kata kunci yang sesuai, dan hanya membayar jika ada seseorang yang melakukan klik pada iklan tersebut.
b)   Biaya yang terjangkau. Keuntungan yang Ditawarkan Google AdWords Iklan Google AdWords dapat dimanfaatkan bagi perusahaan berskala kecil maupun besar, karena anggaran yang harus disediakan dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing perusahaan.
Strategi Google AdWords adalah dengan menargetkan ‘Kata Kunci’ atau keyword pencarian. Jadi kita bisa menargetkan iklan kita keluar pada kata kunci tertentu. Sebagai contoh apabila seseorang ingin mengiklankan mengenai rental mobil, maka dia bisa menargetkan keyword "sewa mobil" pada Google AdWords dan kemudian iklannya akan muncul pada hasil pencarian ketika orang memasukkan keyword "sewa mobil".

·      Platform Google AdWords
Platform Google Adwords terbagi 2, yaitu :
1.    Google Search, dimana iklan kita muncul pada mesin pencarian Google. Platform search ini berdasarkan text dan keyword.
2.    Google Display Network, dimana iklan kita akan muncul pada situs-situs yang termasuk ke dalam jaringan Google Display Network. Yaitu situs-situs yang memasang Google Adsense pada situsnya. Platform Display Network ini berdasarkan text, image, flash maupun video.

·      Langkah-langkah Menggunakan AdWords
Jika Anda sudah memiliki Akun Google (dengan kata lain, jika Anda menggunakan produk Google yang lain, seperti Gmail), Anda dapat menggunakan alamat email tersebut beserta sandinya untuk masuk:
1.      Kunjungi beranda AdWords di https://adwords.google.com/?hl=id
2.      Masuklah dengan memasukkan sandi dan alamat email Akun Google Anda atau nama pengguna Gmail Anda.
3.      Pilih negara dan zona waktu yang Anda inginkan untuk akun Anda. Karena kami menetapkan penagihan dan statistik berdasarkan zona waktu yang Anda pilih, Anda tidak dapat mengubah zona waktu setelah penyiapan ini.
4.      Pilih mata uang yang ingin Anda gunakan untuk akun. Tagihan Anda akan menggunakan mata uang ini dan ini juga akan digunakan pada laporan kinerja Anda. Anda tidak dapat mengubah mata uang setelah penyiapan ini.
5.      Klik Lanjutkan.
6.      Cari email verifikasi di alamat email yang baru saja Anda gunakan untuk mendaftar ke AdWords. Klik tautan verifikasi di email untuk mengaktifkan akun Anda.
·      Tips Sukses Menggunakan Google AdWords
1.        Pilih target yang tepat
2.        Pemakaian Kata Kunci
3.        Lakukan tes untuk 2 iklan secara bersamaan
4.        Lacak the ROI (return-on-investment) dari tiap iklan
5.        Masukkan kata kunci yang tertarget sesuai dengan produk  yang Anda jual
6.        Masukkan kata-kata yang menarik perhatian
7.        Gunakan kata-kata yang membangkitkan emosi/perasaan dan antusiasme
8.        Jual USP (unique selling proposition)
9.        Tautkan ke halaman yang relevan
10.    Buang atau hindari pemakaian kata-kata umum
11.    Hindari pengunjung yang hanya memburu barang gratisan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar