· Pengertian Google AdWords
Google AdWords adalah produk iklan yang dikeluarkan oleh
search engine dan direktori
Google. Google AdWords memiliki arti advertising atau iklan dalam bentuk teks
yang ditampilkan pada mesin pencari Google saat terjadi searching atau
pencarian dengan kata kunci tertentu. Iklan ini akan ditampilkan di bagian
kanan hasil pencarian. Google AdWords akan ditampilkan di bagian kanan pada
halaman pertama. Tampilnya iklan tersebut pada halaman pertama akan memberi
peluang yang besar untuk mendapatkan pelanggan baru bagi situs tersebut.
Google AdWords mempunyai
dua cara beriklan, yaitu:
1. Sistem PPM atau
Pay Per Million Impressions, dimana para pengiklan membayar produk yang
diiklankan melalui Google berdasarkan jumlah per seribu impressions atau tayang
nya iklan tersebut.
2. Sistem PPC atau Pay Per Click,
dimana para pengiklan membayar iklan berdasarkan jumlah klik yang didapt dari
iklan tersebut. Jadi apabila iklan tersebut tampil di mesin pencarian Google
namun tidak ada yang melakukan klik, maka pengiklan tidak akan membayar biaya
tayang iklannya.
· Tujuan promosi
lewat Google Adwords
Tujuan pemasangan iklan promosi lewat Google AdWords adalah untuk mencari pelanggan baru yang sedang melakukan
browsing atau mencari produk di Google. Hal ini mengingat google.com merupakan
mesin pencari dengan database terbesar.
·
Keunggulan Google AdWords
Beberapa keunggulan
iklan di Google AdWords, antara lain :
a) Pemilik website dapat membuat iklan sendiri, memilih kata
kunci yang sesuai, dan hanya membayar jika ada seseorang yang melakukan klik
pada iklan tersebut.
b) Biaya yang terjangkau. Keuntungan yang Ditawarkan Google
AdWords Iklan Google AdWords dapat dimanfaatkan bagi perusahaan berskala kecil
maupun besar, karena anggaran yang harus disediakan dapat disesuaikan dengan
kemampuan masing-masing perusahaan.
Strategi
Google AdWords adalah dengan menargetkan ‘Kata Kunci’ atau keyword
pencarian. Jadi kita bisa menargetkan iklan kita keluar pada kata kunci
tertentu. Sebagai contoh apabila seseorang ingin mengiklankan mengenai rental
mobil, maka dia bisa menargetkan keyword "sewa mobil" pada Google
AdWords dan kemudian iklannya akan muncul pada hasil pencarian ketika orang
memasukkan keyword "sewa mobil".
·
Platform Google AdWords
Platform Google Adwords terbagi 2,
yaitu :
1.
Google Search, dimana iklan kita muncul pada mesin
pencarian Google. Platform search ini berdasarkan text dan keyword.
2. Google
Display Network, dimana iklan kita akan muncul pada situs-situs yang termasuk
ke dalam jaringan Google Display Network. Yaitu situs-situs yang memasang
Google Adsense pada situsnya. Platform Display
Network ini berdasarkan text, image, flash maupun video.
· Langkah-langkah Menggunakan AdWords
Jika Anda sudah memiliki Akun
Google (dengan kata lain, jika Anda menggunakan produk Google yang lain,
seperti Gmail), Anda dapat menggunakan alamat email tersebut beserta sandinya
untuk masuk:
1.
Kunjungi
beranda AdWords di https://adwords.google.com/?hl=id
2.
Masuklah
dengan memasukkan sandi dan alamat email Akun Google Anda atau nama pengguna
Gmail Anda.
3.
Pilih
negara dan zona waktu yang Anda inginkan untuk akun Anda. Karena kami
menetapkan penagihan dan statistik berdasarkan zona waktu yang Anda pilih, Anda
tidak dapat mengubah zona waktu setelah penyiapan ini.
4.
Pilih
mata uang yang ingin Anda gunakan untuk akun. Tagihan Anda akan menggunakan
mata uang ini dan ini juga akan digunakan pada laporan kinerja Anda. Anda tidak
dapat mengubah mata uang setelah penyiapan ini.
5.
Klik Lanjutkan.
6.
Cari
email verifikasi di alamat email yang baru saja Anda gunakan untuk mendaftar ke
AdWords. Klik tautan verifikasi di email untuk mengaktifkan akun Anda.
·
Tips Sukses Menggunakan Google AdWords
1.
Pilih target yang tepat
2.
Pemakaian Kata Kunci
3.
Lakukan tes untuk 2 iklan secara bersamaan
4.
Lacak the ROI (return-on-investment) dari tiap iklan
5.
Masukkan kata kunci yang tertarget sesuai dengan produk yang Anda
jual
6.
Masukkan kata-kata yang menarik perhatian
7.
Gunakan kata-kata yang membangkitkan emosi/perasaan dan antusiasme
8.
Jual USP (unique selling proposition)
9.
Tautkan ke halaman yang relevan
10. Buang atau hindari
pemakaian kata-kata umum
11. Hindari pengunjung yang
hanya memburu barang gratisan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar