Kamis, 14 Maret 2013

PROSPEK APLIKASI BLACKBERRY


Dari data survei yang didapat, 37,5% berpendapat bahwa prospek pengembangan apliaksi di BlackBerry atau PlayBook suram di tahun 2012, 37,5% berpendapat prospeknya cerah, dan 25% berpendapat prospeknya biasa-biasa saja. Mereka yang mengisi survei, 50% di antaranya tidak memiliki handphone BlackBerry atau tablet PlayBook, 37,5% memiliki handphone BlackBerry, dan  25% mempunyai PlayBook. Perlu dicatat bahwa beberapa pengisi survei memiliki baik handphone BlackBerry dan juga tablet PlayBook.
Berikut adalah beberapa alasan pengisi survei kenapa mereka berpendapat demikian tentang prospek pengembangan aplikasi BlackBerry dan PlayBook untuk tahun 2012:
·           Prospek biasa-biasa saja: Pengembangan aplikasi BlackBerry di Indonesia harus didukung dengan kemudahan transaksi pembelian, jika itu tidak dilakukan, maka user dan developer pasti sudah mencari platform yang lain. Misal jika aplikasinya memang free, kemungkinan developer akan memilih Android. Sementara itu, jika ingin berbayar, maka akan memilih Nokia. Saat ini perangkat Blackberry memang banyak digunakan di Indonesia, tapi RIM harus jeli dan mampu menilai segmen pasar seperti apa Indonesia.
·           Prospek cerah: Basis komunitas di Indonesia sangat kuat
·           Prospek suram: Kemungkinan akan kalah saingan dengan Android dan iPhone
Berikut adalah beberapa harapan mereka untuk pengembangan aplikasi di BlackBerry dan PlayBook pada tahun 2012:
·           Tool development yang lebih friendly dan accesible terutama untuk Linux.
·           Mudahnya proses pembayaran aplikasi dan proteksi keamanan lisensi.
·    Untuk aplikasi Blackberry, jika saja RIM memberi kemudahan pada signing apps di market dan menyediakan development environment yang baik ke mahasiswa dan komunitas, kemungkinan trennya akan membaik. Sedangkan Playbook, RIM harus bisa memastikan bahwa Playbook bisa laku dipasaran pada 2012.
·           Support yang lebih untuk developernya.
Terakhir, dari kesemua pengisi survei, 50% mengatakan akan membuat aplikasi BlackBerry atau PlayBook pada tahun 2012 nanti, 25% mengatakan tidak, dan 25% mengatakan mungkin.

Referensi         :
http://www.teknojurnal.com/2011/12/20/hasil-survei-prospek-pengembangan-aplikasi-blackberry-dan-playbook-di-tahun-2012/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar