Kamis, 14 Maret 2013

PROSPEK APLIKASI IOS


Perkembangan Smartphone telah merevolusi pasar perangkat mobile, Smartphone menggabungkan fitur ponsel dan fitur komputer sehingga memperluas fungsi ponsel konvensional, Smartphone modern hampir menyerupai PC yang menawarkan kemudahan bagi penggunanya sehingga bisa lebih meningkatkan kinerja para penggunanya hampir dalam segala bidang.
Selama periode yang cukup singkat smartphone telah berubah dari sebuah gaya yang terkesan mahal menjadi kebutuhan yang harus dimiliki, Perusahaan perangkat lunak saat ini sedang mengembangkan dan bersaing membuat aplikasi mobile smartphone untuk mendukung pengunanya dalam meningkatkan kualitas bisnis maupun kehidupan sehari hari.
Aplikasi Smartphone yang dikembangkan mencakup perencanaan bisnis dan solusi manajemen, keuangan dan aplikasi manajemen keuangan, aplikasi iklan, produk berbagi file, multimedia, jaringan dan aplikasi blogging, pengembangan aplikasi medis dan pendidikan, aplikasi GPS dan berbagai hiburan yang dapat memanjakan pengguna.
Dengan demikian, perusahaan kecil dan besar dapat mengambil keuntungan dari tekhnologi smartphone ini, tidak sedikit pengembang Smartphone yang memberikan harga murah dengan jumlah dan fitur aplikasi sama dengan smarpthone yang ditawarkan dengan harga mahal, hal ini semakin menambah variasi Smartphone yang bisa pembeli miliki.
Saat ini para pemimpin pasar smartphone salah satunya dikuasai oleh iPhone. iPhone sebagai pengembangan aplikasi memanfaatkan teknologi yang ditujukan untuk pengembangan produk Apple mobile, mereka mengambil keuntungan dari IOS teknologi seperti iOS SDK dibundel dengan berbagai alat pembangunan seperti Xcode, Objective C, iOS Simulator, spesialis pengembangan iPhone juga menggunakan HTML, CSS dan JavaScript untuk membangun dan menyebarkan aplikasi berbasis web untuk smartphone iPhone.
Dalam beberapa tahun terakhir ini, jumlah aplikasi di IOS memang berbanding lurus dengan yang ada di Android. Namun, kebanyakan dari aplikasi tersebut terlebih dahulu muncul di iOS ketimbang Android dulu. Ada beberapa penyebab mengapa para pengembang aplikasi seakan 'menganaktirikan' Android ketimbang iOS. Berikut adalah tiga alasan tersebut :
1. Terlalu besarnya segmen pasar Android
Banyaknya perangkat pintar yang memakai platform Android ternyata membawa masalah tersendiri bagi para pengembang aplikasi.
Hal ini dikarenakan tidak adanya standar baku yang mengatur berapa besarnya layar, spesifikasi hardware, dan versi Androidnya. Inilah yang menyebabkan para pengembang seakan kesulitan untuk menentukan resolusi terbaik dan performa optimal dari aplikasi mereka.
Hal berbeda justru ditunjukkan oleh iOS. Karena hanya ada di produk-produk Apple saja, seperti iPhone dan iPad, para pengembang merasa sangat terbantu dalam mengembangkan aplikasinya agar dapat berjalan dengan baik di iOS. Hal tersebut dikarenakan perangkat iOS yang itu-itu saja.
2. Pangsa Pasar
Android memang memiliki pasar yang lebih luas dari iOS. Namun, ternyata iOS masih mampu memegang mind share atau pola pikir publik.
Jika sebuah game eksklusif dikeluarkan, pikiran publik pun segera tertuju kepada iOS. Hal ini dikarenakan kebanyakan perangkat Android tidak memiliki paket penjualan yang jelas.
3. Pembayaran Aplikasi
Studi menunjukkan bahwa pengguna iOS lebih banyak membeli aplikasi berbayar daripada yang gratisan. Hal ini sangat kontras jika dibandingkan dengan pengguna Android. Karena prospek penghasilan yang jelas itulah, para pengembang akhirnya lebih memilih iOS. Jika peminatnya sudah cukup banyak, barulah mereka juga melakukan ekspansi ke Android. Inilah yang menyebabkan mengapa aplikasi bagus seringkali muncul lebih dulu di iOS. Baru setelah beberapa bulan berikutnya versi Androidnya muncul.

Referensi         :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar