Rabu, 12 Juni 2013

Ujian Tengah Semester

Soal UTS E-Commerce :
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan E-Commerce
2. Jelaskan infrastruktur dan suprastruktur yang harus disiapkan untuk E-Commerce. Berikan analisis kondisi di Indonesia bagaimana?
3. Berikan contoh E-commerce di Indonesia, dan lakukan analisisis terhadap masing-masing website.
4. Tunjukkan teknik SEO Onpage dan Offpage, menurut google dan bing webmaster
5. Buat menu baru dalam blog anda di blog.ub.ac.id : Home, UTS dan Tugas

Jawab :
1. Pengertian E-Commerce
Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), adalah sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission). Media elektronik yang dibicarakan di dalam tulisan ini untuk sementara hanya difokuskan dalam hal penggunaan media internet. Pasalnya, penggunaan internetlah yang saat ini paling populer digunakan oleh banyak orang. E-Commerce  juga  dapat didefinisikan  sebagai  suatu  cara berbelanja  atau  berdagang  secara online  atau  direct selling  yang  memanfaatkan  fasilitas  Internet  dimana  terdapat  website  yang  dapat menyediakan layanan “get and deliver“.e-Commerce  akan  merubah  semua  kegiatan  marketing  dan  juga  sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan). 

2. Infrastruktur E-Commerce
Infrastruktur E-Commerce terdiri dari :
a. Infrastruktur Teknologi Informasi
yaitu : internet , ekstranet, intranet.
b. Directory service
penyedia pelaku bisnis dan pengguna ( end user ) .
salah satu jenis adalah DNS ( domain Name Service )
c. Interface
Suatu sistem koneksi dan interaksi antara hadware,
software dan user .
Infrastruktur jasa bisnis umum terdiri dari keamanan kartu cerdas (otentikasi), pembayaran elektronik, direktori / katalog.
Infrastruktur distribusi informasi dan pesan meliputi EDI (electronic data interchange), e-mail, hypertext transfer protocol.
Infrastruktur publikasi jaringan dan kandungan multimedia mencakup HTML, Java, Flash, WWW, VRML, PHP, ASP dan sebagainya.
Infrastruktur Jaringan terdiri dari telekom, TV kabel, wireless, internet (VAN, WAN, LAN, Intranet, ekstranet).
Selain infrastruktur diatas, ada beberapa suprastruktur yang mendukung berjalannya ecommerce antara lain :
  • SDM
  • Pemasaran dan periklanan
  • Peraturan/perundangan publik
  • Layanan-layanan pendukung
  • Kemitraan usaha
3.  Contoh E-Commerce di Indonesia
TOKOBAGUS.COM
tokobagus
Tokobagus kadang disebut Toko Bagus adalah sebuah situs iklan baris yang berfokus kepada aktifitas jual beli di Indonesia. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang. Situs ini dikelola oleh perusahaan bernama PT Tokobagus.
Dalam banyak kasus, sebuah BISNIS  ONLINE bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
  • Menyediakan harga kompetitif.
  • Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  • Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  • Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  • Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  •    Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan,dan lain-              
          lain.
  • Mempermudah kegiatan perdagangan.
Analisa Desain Web TokoBagus.com
  • Accessibility
  • Esthetically Pleasing
  • Availability
  • Clarity
  • Compatibility
  • Configurability
  • Consistency
  • Control
  • Directness
  • Efficiency
  • Familiarity
  • Flexibility
  • Forgiveness
  • Immersion
  • Obviousness
  • Operability
  • Perceptibility
  • Predictability
  • Recovery
  • Responsiveness
  • Safety
ZALORA.CO.ID
zalora
Zalora.co.id merupakan salah satu contoh online store terbesar di indonesia, online store yang khusus mejual produk fashion ini telah mendapatkan banyak investor dari mancanegara karena dilihat cukup potensial dalam segi bisnisnya, wajar saja jika zalora sukses mendapatkan banyak investor dan yang paling penting adalah mendapatkan banyak pembeli karena di website mereka telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat membantu user dalam berbelanja dan mengambil keputusan untuk jadi membeli barang atau tidak berikut ini beberapa fitur penting yang saya rasa wajib untuk dimiliki setiap online store
  1. Shooping chart : adalah fitur utama bagi setiap online store dimana keberadaan chart (keranjang belanja) ini sangat membantu konsumen saat ia ingin membeli lebih dari 1 barang dalam online store tersebut
  2. Live chat : fitur ini membantu user untuk mendaptkan informasi secara langsung dari para customer service
  3. Ajax : adalah teknik pemrograman yang memadukan Javascript dengan PHP atau bahasa sisi server lainnya, penggunaan ajax dalam zalora dapat dilihat saat user ingin mengklik tombol beli namun belum memilih ukuran/size dari barang tersebut maka akan muncul pesan untuk memilih ukuran terlebih dahulu
  4. Detail Zoom : pada umumnya konsumen selalu ingin mencoba atau melihat barang yang akan di belinya secara detail, namun karena penjualan secara online maka konsumen hanya dapat melihat barang, dan di zalora konsumen dapat melihat photo produk secara lebih detail.
BERNIAGA.COM
berniaga
Berniaga.com merupakan salah satu situs penyedia layanan jual dan beli. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang.Berniaga.com kini telah menjadi situs jual beli online terpopuler di Indonesia. Dengan jumlah pengunjung yang cukup banyak setiap harinya, menjadikan berniaga.com sebagai situs penyedia layanan jual dan beli yang dipercaya.
Analisa design web Berniaga.com :
Penempatan menu sudah sangat baik. Menu berada di bagian kanan atas, samping kiri dan bawah. Perpaduan warnanya begitu bagus dan tidak terlalu berlebihan. sehingga kalau dilihat dari segi estetika terlihat sangat elegan.Website berniaga.com ini jika dilihat dari segi aspek availability sudah terpenuhi. Hal ini dapat dilihat dari tampilan utamanya yang menyediakan banyak menu, kolom pencarian dan penggolongan objek berdasarkan kategori, sehingga lebih memudahkan pengunjung untuk menemukan barang yang ingin dicari.Website ini sudah cukup memenuhi criteria tersebut. Contohnya terdapat pada setiap iklan yang dipasang di berniaga.com memiliki deskripsi tentang spesifikasi pada produk tersebut. Sehingga spesifikasi produk-produk yang diposting di berniaga.com dapat terlihat dengan jelas.Dari segi aspek configurability  website berniaga.com bersifat semi dynamic, artinya user dapat menentukan dan memodifikasi sendiri tentang iklan yang akan diposting, tetapi tidak dapat melakukan konfigurasi penuh terhadap website tersebut dan sesuai dengan aturan yang berlaku di berniaga.com.Dilihat dari segi tampilannya, website ini sangat konsisten. Terbukti dari design tampilan dan perpaduan warna yang sama di hampir semua bagian menu. Kemudian penggunaan warna yang sesuai dan proporsional serta tidak berlebihan.

4. SEO Onpage dan Offpage
a. SEO Onpage adalah teknik mengoptimalkan website atau blog agar disukai oleh mesin pencari. Disebut onpage karena yang dioptimalkan adalah website itu sendiri, bukan dengan cara dari luar website seperti mencari backlink atau memasukkan artikel ke social bookmark. Teknik SEO Onpage antara lain :
- Membeli nama domain yang sesuai dengan frase atau kata kunci yang Anda bidik.
Misalnya, jika kata kunci yang Anda bidik adalah ‘pose yoga’ maka nama ideal domain Anda adalah poseyoga.com.
Jika tidak bisa mendapatkan nama yang sama persis, coba gunakan tanda hubung atau menambahkan sebuah kata sebagai akhiran seperti poseyogaplus.com.
Anda bisa menambahkan kata awalan tetapi kata akhiran cenderung memiliki peringkat lebih baik di mesin pencari.
- Pastikan kata kunci muncul dalam URL halaman.
Hal ini telah tertangani jika nama domain telah mengandung kata kunci. Namun jika tidak, Anda dapat melakukan SEO onpage pada sub-halaman. Jadi misalnya Anda akan memiliki URL seperti domainanda.com/pose yoga.
- Pastikan kata kunci muncul dalam nama website dan dalam meta tag keyword.
Jika tidak tahu apa artinya ini, Anda perlu memastikan bahwa web developer Anda memahami tentang hal ini.
Tag keyword mungkin tidak sepenting dulu tapi masih layak digunakan sebagai bagian dari strategi SEO onpage Anda.
- Masukkan kata kunci ke dalam headings (judul dan sub judul artikel).
Jika Anda dapat menempatkan kata kunci ke dalam berbagai tingkatan heading seperti heading 1 (h1), heading 2 (2), dll, ini akan menarik perhatian mesin pencari.
Idealnya, tempatkan kata kunci setidaknya ke heading 1, heading 2 dan heading 3.
- Buat kata kunci menonjol.
Buat kata kunci menonjol dengan membuatnya menjadi huruf tebal, huruf miring, atau garis bawah. Mesin pencari menganggap kata-kata dengan format khusus sebagai sesuatu yang penting.
- Jika Anda memiliki sebuah gambar pada halaman web, masukkan kata kunci ke dalam tag ‘alt’ .
Jika tidak memiliki gambar, Anda mungkin ingin menemukan gambar yang relevan untuk artikel Anda. Anda tidak hanya dapat menggunakannya untuk SEO onpage tetapi juga dapat menambah daya tarik artikel bagi pembaca.
- Membuat kata kunci muncul dalam kalimat pertama dan kalimat terakhir pada artikel Anda.
Mesin pencari sering lebih memperhatikan awal dan akhir konten artikel. Hal ini penting untuk meningkatkan SEO onpage Anda.
b. SEO Offpage adalah optimasi seo dengan cara memanfaatkan ruang dan interaksi yang dilakukan diluar blog, misalnya dengan mencari backlink, bertukar link, tukar banner, komentar, serta blog walking dan masih banyak lagi sampai dengan teknik-teknik penggunaan plugin/tools. 
Terdapat 8 teknik SEO Offpage antara lain :
1. Submit blog Anda ke Web Direktori.

Ini adalah metode yang sangat lama untuk mengatakan blog Anda kepada dunia wkwk. Beberapa direktori mungkin mengharuskan Anda untuk bertukar link dengan mereka dan beberapa memungkinkan listing gratis dan berbayar. Selalu mengirimkan blog Anda ke kategori yang paling relevan dengan blog Anda sehingga Anda mendapatkan manfaat maksimal dari direktori web tersebut. Contoh web yang populer adalah Yahoo directory, Dmoz.org dan Technorati.com dll 
 
2. Forum Posting.

Anda harus bergabung di sedikitnya 3 sampai 5 forum yang berkaitan dengan niche blog Anda untuk mendapatkan manfaat dari forum. Tujuan utama dari posting forum adalah untuk mendapatkan lalu lintas instan gratis untuk website Anda.
 
3. Social Bookmarking.

Setelah anda mempublikasikan artikel baru di blog Anda segeralah tambahkan artikel Anda ke situs-situs sosial bookmark karena ini akan membantu menyebarkan ke seluruh pembaca. Situs sosial bookmark penting diberikan oleh mesin pencari karena website ini diperbarui setiap hari. 
 
4. Komentar.

Meninggalkan komentar dari blog lain yang berkaitan dengan niche blog Anda dapat sangat membantu untuk mendapatkan lalu lintas bebas instan dan backlink. Meskipun tidak semua blog akan memungkinkan dofollow backlink tetapi Anda dapat menemukan situs-situs dofollow. Juga ada banyak situs yang memiliki plugin CommentLuv diaktifkan di dalamnya yang memungkinkan untuk meninggalkan backlink dari artikel Anda dengan judul lengkap dalam teks jangkar yang sangat berguna untuk website Anda SEO.
 
5. Sosial Networking.Banyak orang meremehkan kekuatan situs jejaring sosial tapi biarkan saya memberitahu Anda bahwa banyak blog di internet yang hanya mendapatkan lalu lintas dari raksasa jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dll dan dalam jumlah besar juga. Dalam rangka untuk mendapatkan lalu lintas dari mesin pencari Anda harus bekerja sangat keras dan waktu proses yang memakan dimana mendapatkan lalu lintas dari situs-situs jejaring sosial jauh lebih mudah. Cobalah untuk menambahkan sebagai blogger sebanyak yang Anda bisa dalam profil Anda dan berpartisipasi dalam kelompok di mana blogger bertemu. 
  
6. RSS Submission.
 
Orang mengunjungi situs ini setiap hari dan ketika mereka menemukan hal menarik mereka akan mengunjungi situs tersebut. Jadi jika mereka menyukai blog Anda mereka akan mengunjunginya dan Anda mendapatkan lalu lintas yang Anda inginkan. Juga Anda akan mendapatkan backlink gratis dan beberapa waktu website ini melakukan sihir dan Anda akan mendapatkan banjir lalu linta. :D
 
7. EDU & GOV Backlinks.

Jika Anda ingin mencapai sukses dengan cepat dalam blogging cobalah untuk membangun. EDU dan GOV backlink Ke blog Anda dan lihat keajaibannya. Search engine yang sangat hormat dengan website GOV dan EDU ini berarti bahwa Anda akan berada di halaman pertama Google.
 
8. Guest Posting.

Benar-benar populer dan begitu banyak blogger yang sukses hanya dengan teknik yang satu ini. Dalam tamu posting Anda harus menulis artikel untuk blog lain dan sebagai imbalannya Anda mendapatkan lalu lintas dan 2 kualitas satu link dofollow. Hampir semua blog telah memungkinkan opsi ini yang berarti tak berujung Anda bisa mengirimkan posting Anda ke blog terbatas. Tapi sekali lagi kuncinya adalah selalu mengirimkan artikel Anda ke peringkat halaman yang tinggi dan blog terkait untuk pengembalian yang lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar